Seminar Nasional Official Statistics 2022

coverberita
Kolaborasi Penelitian
2022-12-08 18:52:06 WIB

Politeknik Statistika STIS kembali menyelenggarakan Seminar Nasional Official Statistics pada tanggal 17 September 2022 dalam rangka Dies Natalis AIS/STIS/Polstat STIS ke-64 dan Hari Statistik Nasional.

Seminar ini mengangkat tema “Era Baru Official Statistics: Implementasi Big Data, Small Area Estimation, dan Geospatial dalam Mendukung SDG’s”. Seminar terbagi menjadi seminar panel dan paralel. Seminar panel menghadirkan Dr. Raden Bagus Fajriya Hakim, S.Si, M. Si (Universitas Islam Indonesia), Gantjang Amannulah, M.A (Bappenas), Dr. Azka Ubaidillah, S.ST, M.Si (Politeknik Statistika STIS), Prof. Dr. Ir. H. Musa Hubeis MS, Dipl. Ing. DEA (Institut Pertanian Bogor) dengan moderator Dr. Windhiarso Ponco Adi P, S.Si, M.Eng (BPS)

Dalam keynote speech-nya, Dr. Eng. Imam Machdi, M.T. menyampaikan bahwa data statistik adalah aset bangsa yang sangat penting untuk mendukung siklus pembangunan nasional. BPS sebagai penyedia utama data official statistics terus berupaya mengoptimasi pemanfaatan statistik yang menjadi dasar agar kebijakan tepat dan terarah. Perkembangan zaman menuntut modernisasi dalam kebutuhan data sehingga perlu adanya pembaruan regulasi, sinergi Satu Data Indonesia, serta penguatan koordinasi yang sesuai dengan dinamika sosial.

Target SDG’s 2030 perlu didukung oleh ketersediaan data yang berkualitas, reliabel, dan mutakhir sampai wilayah kecil. Meskipun demikian, penerapan metode Small Area Estimation (SAE) dan pemanfaatan Big Data untuk memenuhi kebutuhan statistik nasional perlu terus dikembangkan. BPS tidak hanya sekadar menghasilkan data, namun harus bisa mendiagnosis kebutuhan dan mampu membunyikan data menjadi lebih bermakna.
Sebagai rangkaian dari kegiatan Seminar Nasional Official Statistics 2022 maka telah diselenggarakan Call for Paper dengan total submission sebanyak 358 makalah. Terdapat 162 makalah yang dinyatakan lolos seleksi dan dipaparkan dalam seminar paralel. Seminar paralel dilaksanakan secara hybrid dan online. Melalui seminar ini, diharapkan data official statistics bisa terus berkembang dan berkontribusi untuk membangun bangsa.

#SemnasPolstatSTIS2022